Senin, 01 Agustus 2016

Siapakah Villain The Flash - Season 3 (TV Series 2016) dan Kebiasaan CW yang Membuat Para Penggemar Kebingungan

Seperti musim-musim sebelumnya, The Flash Season 3 ini bakal kembali juga dengan Speedster-Speedster (lagi-lagi) baik itu teman maupun musuh. Jika di season 1 ada Flash dan Reverse Flash, di season 2 ada Flash, Flash Earth 2, dan Zoom. Di season 3 ini siapakah yang akan muncul?

Kiri : Flash di Komik;  mirip dengan
Kanan : Flash TV Series

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Season ke-3 ini bakal mengadaptasi cerita Flashpoint dari komik, yaitu timeline alternatif yang diakibatkan oleh Flash (Barry Allen) karena berhasil menyelamatkan ibunya di akhir Season 2. Pada foto-foto yang beredar beberapa waktu lalu, terlihat ada 2 orang berkostum Speedster terbaru di lokasi syuting serial ini. Salah satunya telah dikonfirmasi oleh CW sebagai Kid Flash (Wally West) yang berkostum Kuning-Merah yaitu keponakannnya Iris West (Love Interest Barry Allen). Namun siapakah orang berkostum yang satu lagi?


Identitas Speedster yang satu lagi ini belum dikonfirmasi. Namun telah dikonfirmasi oleh CW, aktor yang memeran Speedster tersebut adalah Todd Lasance (Vampire Diaries, Spartacus). Dari kostumnya mengingatkan kita pada villain season 2 yaitu
Zoom yang berwarna Hitam namun terdapat sedikit perbedaan pada aksen-aksennya. Mengingat Reverse Flash juga muncul di season 2 setelah ‘dikalahkan’ di season 1, apakah Speedster ini adalah Zoom yang kembali lagi di season 3? Dengan mempertimbangkan apa yang terjadi pada Zoom pada season 2 kemarin, sangat meragukan dia akan muncul lagi di season ini. Ada 2 kemungkinan lain siapakah karakter terbaru ini.


Kemungkinan pertama dan yang paling mungkin adalah Daniel West (sebelah kiri gambar) yang merupakan saudara Iris West (Love Interest Barry Allen). Di Komik DC New 52, Daniel West merupakan seorang villain bernama Reverse Flash. Daniel West adalah orang ketiga di DC Universe yang menjadi Reverse Flash (DC New 52). setelah sebelumnya Eobard Thawne dan Hunter Zolomon di Komik DC Pre 52. Reverse Flash (DC New 52) berkostum Hitam berbeda dengan Reverse Flash di Komik Pre 52 yang berkostum Kuning sama seperti di TV Seriesnya.

Kemungkinan kedua dan yang paling lemah adalah Black Racer (sebelah kanan gambar). Tidak banyak yang diketahui tentang karakter yang satu ini, namun karakter ini adalah salah satu ‘God’ di DC Universe yang memburu dan melenyapkan orang-orang yang terlibat dengan 'SpeedForce' seperti para Speedster itu tadi.
Jika dilihat dari warna kostumnya, karakter baru ini sangat mirip dengan Black Racer daripada Reverse Flash. Namun jika membawa karakter Black Racer yang merupakan ‘God’ langsung ke TV Seriesnya bukan merupakan keputusan yang bagus bagi CW dan pasti akan membuat kontroversi dan akan membingungkan para penggemar.

Selain itu, CW juga memiliki kebiasaan selalu mengubah warna kostum dan menukar-nukar identitas karakter Speedster di serial The Flash menjadi berbeda sekali dengan Komik DC New 52 (kecuali Flash itu sendiri yang kostumnya tetap berwarna Merah). Jika desain kostum yang diubah itu tidak masalah, namun jika warna kostum yang diubah dan mengubahnya pun membuatnya memiliki kesamaan dengan karakter lainnya itu akan membuat orang menjadi bingung. Bertukar-tukarnya kostum dan identitas asli karakter-karakter tersebut dengan yang ada di komik juga membuat para penggemar sering kebingungan. Apalagi yang sudah mengikuti komiknya terlebih dahulu pasti merasakan perbedaan yang sangat besar dari segi kostum di TV Seriesnya ini yang bisa menimbulkan kontroversi antar fans.

Karakter-karakter yang berbeda tersebut antara lain :
- Reverse Flash di komik berwarna Hitam-Merah dengan identitas Daniel West, namun di TV Seriesnya Reverse Flash berwarna Kuning dengan identitas Eobard Thawne. (Hal ini bisa dimaklumi karena Reverse Flash berwarna Kuning ini mengikuti Komik DC Pre 52)
Reverse Flash DC New 52 (Daniel West);  berbeda sekali dengan

 
Kiri : Reverse Flash TV Series (Eobard Thawne);  yang lebih mirip dengan
Kanan : Reverse Flash DC Pre 52 (Eobard Thawne)

- Zoom di komik berwarna Kuning dengan identitas Eobard Thawne, namun di TV Seriesnya Zoom berwarna Hitam-Biru dengan identitas Hunter Zolomon. (Sangat berbeda sekali dengan komik, karena yang berwarna Hitam-Biru di Komik DC New 52 adalah Future Flash, yaitu Barry yang datang dari masa depan, sedangkan Hunter Zolomon adalah Reverse Flash kedua di Komik DC Pre 52).

Zoom / Prof. Zoom DC New 52 (Eobard Thawne);  berbeda sekali dengan

Kiri : Zoom TV Series (Hunter Zolomon);  yang lebih mirip dengan
Kanan : Future Flash DC New 52 (Barry Allen dari Masa Depan)

- Kid Flash di komik berwarna Silver-Merah, namun di TV Seriesnya Kid Flash berwarna Kuning-Merah, namun identitasnya tetap Wally West. (Hal ini bisa dimaklumi karena mungkin mengikuti Komik DC Pre 52, namun yang menimbulkan perdebatan itu Wally West di TV Series ini seharusnya memakai warna Silver-Merah yang sesuai dengan Komik DC New 52 yang karakternya sama-sama berkulit hitam, sedangkan yang berkostum Kuning-Merah itu Wally West berkulit putih).

Kid Flash DC New 52 (Wally West);  berbeda sekali dengan

Kiri : Kid Flash TV Series (Wally West);  yang lebih mirip dengan
Kanan : Kid Flash DC Pre 52 (Wally West)

"Bagaimana?? Bingung bukan???
Inilah yang terjadi pada fans akibat menukar-nukarkan kostum antar karakter."

Dari gambar-gambar diatas kita lihat karakter asli dari Komik DC New 52 sangat berbeda sekali dengan adaptasinya ke TV Series. Adaptasi ke TV Seriesnya malahan lebih mirip karakter lain yang juga sudah ada di komikya. Hal inilah yang membuat para penggemar menjadi bingung selain timeline ceritanya yang selalu berbeda setiap seasonnya.

Mengingat CW yang suka menukar-nukarkan identitas karakter dan warna kostum diatas, mungkinkah villain baru di season 3 tersebut adalah Daniel West, namun bukan dengan ‘alter ego’ Reverse Flash seperti di komik, karena di TV Seriesnya Reverse Flash lainnya telah muncul sebelumnya. Namun dengan 'alter ego' lainnya.

Bagaimana dengan Daniel West adalah Black Racer, namun bukan sebagai 'God' seperti di komik juga, namun hanya manusia biasa. Dengan melihat semua kemungkinan yang telah terjadi diatas dan kemiripan kostumnya meskipun identitas berbeda, sangat memungkinkan bahwa karakter baru tersebut adalah Daniel West.
Kanan : Black Racer di Komik;  karena mirip dengan
Kiri : Mungkinkah Black Racer TV Series???

Kita tunggu saja, semua kemungkinan itu bisa benar dan bisa saja salah, dan akan terungkap ketika Season 3 dimulai pada tanggal 4 Oktober 2016.

Sumber: Postingan Mawanda Almuhayar di Grup Cinemags tanggal 2 Agustus 2016