Selasa, 21 Mei 2013

Cara Membuka Website yang Diblokir oleh Server atau Admin

       Banyak permintaan kepada saya oleh teman-teman sekelas saya terutama yang cewek tentang bagaimana cara membuka cara situs yang diblokir oleh server terutama facebook jika berada di kampus (khususnya kampus saya) pagi-pagi karena sebelum jam 12.00 siang situs2 tertentu seperti facebook, youtube, stafa, ganool dan sebagainya.

       Cara ini juga bisa digunakan dimana saja seperti di kampus-kampus, sekolah-sekolah, kantor-kantor bahkan di warnet yang diblokir oleh server. Sebenarnya ini juga pernah dibahas oleh rekan sejurusan saya disini tetapi caranya agak rumit dan kebanyakan cewek yang tidak mau repot pasti tidak suka dengan cara ini.


       Sebenarnya yang dilakukan hanya sederhana yaitu dengan menyembunyikan IP (Internet Protocol) kita dan diganti dengan IP yang lain, baik itu negara lain atau sebagainya yang membuat kita menjadi lebih leluasa dalam menjelajahi internet. Untuk menggunakan ini yaitu dengan menginstal sebuah software yaitu AnonymoX yang merupakan add on dari Mozilla Firefox yang berfungsi untuk menyembunyikan IP Address Anda pada saat terhubung di internet. Ini berarti anda dapat membuka suatu situs yang sudah di blokir oleh server atau admin atau situs yang hanya dapat dibuka dari negara tertentu saja. Jadi anda hanya bisa memakainya dengan menggunakan Firefox.


        AnonymoX ini terdapat dua pilihan yaitu versi gratis dan versi premium. Perbedaan dari keduanya dapat kita lihat pada gambar berikut :

Dari gambar tersebut terlihat perbedaan versi gratis dan premium. Tetapi anda jangan khawatir, anda pun dapat menikmati fitur utamanya, sedangkan untuk penurunan kecepatan dan volume download per hari anda juga tidak perlu khawatir jika hanya menggunakan ini untuk membuka situs yang diblokir saja ya kan?


       Untuk menginstal addon tersebut caranya adalah sebagai berikut :

1.  Pakai browser Mozilla Firefox dan buka situs inihttps://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/anonymox/
2.  Pilih Add to Firefox untuk menginstalnya

3.  Tunggu beberapa saat sampai add on tersebut didownload dan setelah itu firefox akan menginstal add on tersebut (ikuti dan klik saja perintah yang muncul) setelah selesai maka anda akan disuruh restart firefox dan lakukan

4.  Buka lagi firefox kemudian tunggu sampai loading IP yang baru selesai (lihat bagian sudut kiri bawah)


5.  Untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya cukup buka saja add on manager pada firefox



Setelah muncul, pada bagian Ekstension pilih disable untuk menonaktifkannya lalu restart lagi firefox



Untuk mengaktifkannya lagi pilih enable dengan cara yang sama seperti cara mematikan diatas


Catatan:
Ada situs-situs tertentu yang tidak bisa dibuka dengan memakai ini sedangkan jika tidak memakai ini lancar-lancar saja karena ada beberapa alasan untuk hal ini. Caranya cukup matikan saja add on ini pada saat di situs tersebut kemudian pada situs yang akan anda tuju aktifkan lagi.

Selamat mencoba.

Sumber:
http://www.adib21.com/2012/05/menyembunyikan-ip-address-saat-browsing.html