Senin, 06 Juli 2015

Munculnya Film KW atau Mockbuster yang Minim Kualitas


Beberapa waktu yang lalu diwaktu sedang browsing, saya menemukan sebuah film berjudul Atlantic Rim (2013). Nah, loh kok ada ya? Bukannya yang ada itu cuma Pacific Rim (2013). Saya mencari tahu apakah ini film komedi parodi plesetan dari Pacific Rim semacam Superhero Movie, Scary Movie dan sejenisnya? Ternyata bukan, setelah saya cek genrenya di IMDb yaitu Action, Sci-Fi tetapi tipe filmnya Direct to Video dan ratingnya Masya Allah...



Setelah menelusuri lebih lanjut saya menemukan beberapa film KW yang judulnya hampir sama dengan film aslinya dan dengan tahun rilis yang sama (seperti pada gambar utama diatas) yaitu:
- Pirates of the Treasure Island (2006) tiruan dari Pirates of Carribean: Dead Man's Chest (2006)
- The Da Vinci Treasure (2006) tiruan dari The Da Vinci Code (2006)
- Alien Vs Hunter (2007) tiruan dari Alien Vs Predator (2007)
- Transmorphers (2007) tiruan dari Transformers (2007)
- Transmorphers: Fall of Man (2009) tiruan dari Transformers: Revenge of the Fallen (2009)
- Abraham Lincoln Vs Zombie (2012) tiruan dari Abraham Lincoln Vampire Hunter (2012)
- Age of Tomorrow (2014) tiruan dari Edge of Tomorrow (2014)

dan yang terbaru yang rilis di tahun ini dengan meniru Box Office yang populer tahun ini yaitu:

- Avengers Grimm (2015) tiruan dari Avengers: Age of Ultron (2015)
- Road Wars (2015) tiruan dari Mad Max: Fury Road (2015)
- San Andreas Quake (2015) tiruan dari San Andreas (2015)
dan masih banyak yang lainnya yang bisa anda cari sendiri. Jangan sampai tertipu tahun ini ya!

Apakah ini film KW atau film tandingan dari versi aslinya yang dibuat PSSI untuk melawan Menpora atau film yang dibuat oleh salah satu kubu koalisi di DPR untuk melawan pimpinan DPR? Ehh...

Akhirnya saya telah menemukan jawaban dari permasalahan ini. 

Perlu diingat, ini bukan film plesetan yang dalam artiannya film parodi atau komedi, tetapi ini film yang benar-benar meniru film aslinya dan menumpang kesuksesan nama film aslinya dan diubah sedimikian rupa agar tetap menyerupai. Tujuan mengecoh para penonton yang kurang jeli. Film-film KW ini dinamakan film 'Mockbuster'. Mockbuster adalah sebutan yang awalnya diciptakan oleh para penggemar film di Amerika yaitu sebuah film tiruan dengan budget rendah yang membonceng popularitas film Blockbuster. Asal katanya sendiri diambil dari kata Mock (ejekan,tiruan) dan buster yang diambil dari kata blockbuster. Film Mockbuster ini merupakan produksi dari Asylum Studio. Asylum Studio merupakan salah satu studio film di Amerika yang fokus dalam memproduksi film-film low-budget dengan pemasaran lewat CD atau DVD langsung, bukan lewat bioskop.

Film-film tiruan ini juga biasanya dirilis dalam rentang waktu yang berdekatan dengan film aslinya sehingga terkadang seseorang bisa terkecoh dengan judul ataupun cover yang dibuat hampir mirip. Film-film ini bukan merupakan sequel, prequel, spin off, remake, reboot apalah sebutannya untuk film terkenal yang biasa anda ketahui, dan isinya biasanya 99% ngobrol 1% action gak jelas. Mengapa mereka tetap bikin film kayak gini, apa ini gak buang-buang duit? Alasannya, film ini tetap laku di pasaran kok karena film ini ada pangsa pasarnya tersendiri. Kalau gak laku, ngapain dibikin terus kan? Film-film biasanya tidak berkelas sekali dan ceritanya (maaf) ancur banget. Terkesan asal dibuat saja karena ya tadi cuma untuk menumpang tenar aja lewat film aslinya.

Dan saya juga awalnya juga sempat tertipu dengan poster film dibawah ini. Setelah diselidiki lagi ternyata film tersebut merupakan p*rn parody yang awalnya saya kira hanya parodi plesetan Avenges 2 biasa seperti Superhero Movie. (Poster film sudah mengalami penyensoran)

Sumber: Postingan Mawanda Almuhayar di grup Cinemags tanggal 20 Juni 2015
https://www.facebook.com/groups/50671177304/permalink/10153347540547305/