Senin, 06 Juli 2015

Petualangan Son Goku Dan Kawan-Kawan Berlanjut di Dragon Ball Super


Setelah 18 tahun akhirnya Dragon Ball berlanjut pada tanggal 5 Juli 2015. Hal ini tentu saja tidak lepas dari remakenya yaitu Dragon Ball Kai di tahun 2011 yang banyak sekali diminati dan dua movie terakhirnya yaitu Battle of Gods dan Fukkatsu no F yang juga sangat sukses. Meskipun dahulu pernah dibuat Dragon Ball GT untuk melanjutkan seri Dragon Ball Z, namun pada kenyataannya seri GT ini tidak begitu populer dan banyak penggemar Dragon Ball berhenti mengikuti manga/anime ini setelah arc Majin Buu. Plot dan karakter yang tidak konsisten menjadi alasan kenapa penggemar Dragon Ball tidak suka dengan GT. Kelanjutan Dragon Ball GT pun juga tersebar dimana-mana berupa manga doujin (buatan fans), salah satu yang paling terkenal dan jika kita perhatikan ceritanya yang juga keren dan bisa dianggap canon adalah Dragon Ball AF yang memiliki 2 versi yaitu Toyble dan Young Jiji yang ceritanya merupakan lanjutan dari seri Dragon Ball GT.

Saya percaya Dragon Ball Super akan lebih sukses dari pendahulunya yaitu Dragon Ball GT. Alasannya karena tim yang menangani anime ini adalah orang-orang yang ada di balik Battle of Gods dan Fukkatsu no F. Akira Toriyama, sang pencipta Dragon Ball, juga lebih banyak dilibatkan daripada di Dragon Ball GT dulu. Jalan cerita Dragon Ball Super mengambil setting waktu setelah Majin Buu arc (kemungkinan besar setelah Battle of Gods dan Fukkatsu no F). Artinya, kehadiran Dragon Ball Super menutup Dragon Ball GT. Jadi bisa dibilang Dragon Ball GT adalah sekarang berada timeline atau garis waktu yang terpisah (alternate universe) dan tidak dianggap lagi dan digantikan oleh Dragon Ball Super yang berada pada timeline utama pada cerita yang sedang berlangsung sekarang.

Dengan munculnya cerita baru tentu saja akan muncul karakter-karakter baru. Beerus dan Whis yang muncul dalam 2 movie Dragon Ball sebelumnya juga ambil bagian di Dragon Ball Super. JapNation AniManga bahkan menyebutkan kalau serial ini akan menggali lebih dalam seputar mitos Dewa-Dewa di alam semesta Dragon Ball dan universe lain. Rumornya musuh utama dalam serial ini adalah Dewa yang sangat kuat.

Selain karakter-karakter baru, juga ada hal yang baru yang pasti akan muncul seiring berjalannya cerita Dragon Ball. Hal tersebut adalah Transformasi bangsa Saiyan yang biasa dikenal dengan Super Saiyan. Dan tentu saja Dragon Ball Super juga akan memberikan wujud transformasi baru untuk Goku dan kawan-kawan karena hal ini merupakan salah satu yang paling ditunggu para fans setia Dragon Ball. Transformasi apakah itu? Super Saiyan apalagi yang qkan muncul? Hal ini belum diketahui sama sekali. Namun, sebelumnya kamu juga harus tahu berikut beberapa transformasi yang pernah muncul dalam seri Dragon Ball (Baik canon maupun tidak) :

1. Super Saiyan 1 (Muncul di Dragon Ball Z dan Kai)
Merupakan kemampuan bertarung yang dimiliki oleh bangsa Saiyan selain berubah menjadi Great Ape. Kemampuan untuk menjadi Super Saiyan ini pernah dianggap hanya sebuah legenda, karena belum pernah dilakukan selama lebih dari seribu tahun. Meskipun hanya diberitahu melalui legenda, Frieza (yang dianggap makhluk terkuat saat itu) menjadi paranoid atas kemungkinan kebenaran di balik legenda Super Saiyan karena kekuatan ras Saiyan bisa terus tumbuh dan tumbuh menjadi sangat kuat. Karena rasa takut ini, Frieza menarik kesimpulan untuk memusnahkan ras Saiyan dengan menghancurkan Planet Vegeta (Planet tempat tinggal bangsa Saiyan) untuk mengakhiri legenda Super Saiyan agar tidak menjadi kenyataan. Lebih dari dua dekade kemudian, legenda ini terbukti benar ketika Goku mencapai wujud transformasi Super Saiyan dan mempertahankan wujud tersebut selama pertempuran.

2. Super Saiyan 2 (Muncul di Dragon Ball Z dan Kai)
Merupakan versi powered-up dari Super Saiyan. Biasanya disebut dengan Super Saiyan yang melampaui kekuatan Super Saiyan.

3. Super Saiyan 3 (Muncul di Dragon Ball Z dan Kai)
Merupakan versi powered-up dari Super Saiyan 1 dan Super Saiyan 2. Biasanya disebut dengan Super Saiyan yang melampaui kekuatan Super Saiyan yang melampaui kekuatan Super Saiyan. Namun Super 3 hanya mampu digunakan di dunia orang mati karena dapat menghabiskan tenaga si penggunanya dengan cepat.

4. Super Saiyan 4 (Muncul di Dragon Ball GT)
Merupakan perubahan Great Ape atau Golden Great Ape dengan kesadaran. Bangsa Saiyan harus mempunyai ekor atau menumbukan ekornya terlebih dahulu untuk mencapai wujud ini. Pada saat pertama kali mencapai wujud ini, bangsa Saiyan harus berubah menjadi Great Ape terlebih dahulu. Setelah menjadi Great Ape, mereka harus mempertahankan kesadarannya agar tidak mengamuk terus menerus dalam wujud Great Ape. Ketika kesadaran tersebut timbul maka bangsa Saiyan akan menyusut ke bentuk semula dan menjadi Super Saiyan 4. Setelah bisa mempertahankan kesadaran, bangsa Saiyan tidak perlu menempuh wujud Great Ape lagi untuk menjadi Super Saiyan 4.

5. Super Saiyan 5 (Muncul di Dragon Ball AF - Non-Canon / Doujin)
Merupakan wujud perubahan bangsa Saiyan yang hanya muncul di komik buatan fans-fans Dragon Ball. Meskipun buatan fans, tetapi ini tetap terlalu keren untuk dilewatkan karena juga sudah populer ke seluruh dunia. Perubahan wujud Super Saiyan 5 ada 2 versi berdasarkan komik buatan fans tersebut, yaitu versi Toyble dan versi Young Jiji. Di dalam versi Toyble Super Saiyan 5 hanya dapat dicapai oleh bangsa Saiyan yang memperoleh kekuatan naga. Kekuatan naga disini artinya sama dengan kekuatan Shenron (naga dari Dragon Ball). Goku memperoleh kekuatan seperti Shenron setelah menjadi salah satu naga penjaga Dragon Ball karena pada event Dragon Ball GT naga-naga penjaga Dragon Ball yang menjadi jahat tersebut meminta persyaratan agar Goku menjadi salah satu dari mereka agar Dragon Ball tetap bisa digunakan lagi berkali-kali seperti biasanya. Sedangkan dalam versi Young Jiji Super Saiyan 5 dapat dicapai dari Super Saiyan 4 dengan tetapi tingkat kemarahan yang luar biasa, seperti Gohan yang menjadi Super Saiyan 5 karena marah atas kematian Pan. Saya sendiri tidak suka dengan versi Young Jiji ini. Versi ini terkesan Super Saiyan 5 itu merupakan variasi powered-up dari Super Saiyan 4 dan juga memakai formula yang sama dengan Super Saiyan 2, dan 3.

6. Super Saiyan 6 (Diprediksi muncul di Dragon Ball AF)
Merupakan wujud Super Saiyan dari Super Saiyan 4 tetapi tidak bisa dicapai dengan menjadi bentuk Super Saiyan dalam wujud Super Saiyan 4. Super Saiyan 6 mempunyai wujud seperti Super Saiyan 4 tetapi dengan rambut yang pirang. Jika wujud Great Ape yang bisa dikendalikan kesadarannya akan berubah menjadi Super Saiyan 4, maka wujud Golden Great Ape atau Super Saiyan Great Ape (seperti Super Baby) yang bisa dikendalikan kesadarannya akan berubah menjadi Super Saiyan 6. Akan tetapi merupakan hal yang hampir mustahil menjadi Super Saiyan dalam wujud Great Ape yang sedang mengamuk dan kesadaran tidak bisa dikendalikan.

7. Super Saiyan God (Muncul di Dragon Ball Z Movie Battle of God)
Merupakan wujud Super Saiyan terkuat berdasarkan legenda. Freeza yang pernah mengatakan bahwa dia takut akan kebangkitan Super Saiyan juga mengetahui keberadaan Super Saiyan God, walaupun sepertinya bangsa Saiyan tidak terlalu membicarakan keberadaan Super Saiyan God. Kekuatan ini hanya bisa muncul apabila ada lima Saiyan memberikan kekuatannya kepada satu Saiyan. Goku berhasil menjadi Super Saiyan God di Battle of Gods setelah mendapatkan kekuatan dari Vegeta, Gohan, Trunks, Goten, dan Pan (dalam kandungan Videl).

8. Super Saiyan God SS atau Super Saiyan God Super Saiyan (Muncul di Dragon Ball Z Movie Fukatsu no F)
Merupakan versi Super Saiyan dari Super Saiyan God. Wujud ini sebetulnya bukan wujud baru, melainkan adalah bentuk Super Saiyan ketika dalam bentuk Super Saiyan God. Goku dan Vegeta menguasai wujud ini setelah berlatih dengan seorang dewa.

Sepertinya dengan munculnya Super Saiyan God SS ini adalah cara Akira Toriyama untuk mempertegas bahwa GT universe itu tidak berlaku. Karena kehadiran Super Saiyan God SS ini sebagai Super Saiyan paling kuat di Dragon Ball universe sampai saat ini berarti membuat keberadaan Super Saiyan 4 menjadi terbantahkan. Lagipula, secara timeline Super Saiyan God hadir lebih dahulu daripada Super Saiyan 4, tidak mungkin kan Super Saiyan terkuat hadir lebih dahulu dibandingkan Super Saiyan tingkat di bawahnya? Hal ini membuat kita mau tidak mau harus mengucapkan selamat tinggal kepada karakter-karakter kuat yang pernah muncul di Dragon Ball GT seperti Super Saiyan 4 Goku dan Vegeta, Super Baby, Super Saiyan 4 Gogeta, Omega Shenron, dan lain-lain. Kecuali jika mereka juga akan tetap dimunculkan di Dragon Ball Super, tapi saya rasa hal itu berkemungkinan sangat kecil karena Akira Tomiyama mengaku dia tidak suka dengan apa yang terjadi di Dragon Ball GT.

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk Dragon Ball Super?

Sumber: Postingan Mawanda Almuhayar di grup Cinemags tanggal 20 November 2014
https://www.facebook.com/groups/50671177304/permalink/