Rabu, 10 Juni 2015

Kekurangan Fatal Paket Internet TAU Telkomsel



Saya termasuk pelanggan yang cukup setia dengan Telkomsel karena sudah hampir 6 tahun saya memakai provider yang satu ini. Meskipun juga memakai kartu lain, tetapi Telkomsel tetap menjadi pilihan di salah satu sim di HP saya.

Sebagai pelanggan yang sudah lama tentu saja ada banyak pengalaman bersama provider yang satu ini, salah satunya yaitu kerugian. Sudah berberapa kali saya dirugikan oleh Telkomsel untuk masalah internet, dimulai dari tidak ada pesan pemberitahuan kuota internet yang hampir habis atau sudah habis yang menyebabkan pulsa sering dimakan oleh internet yang tak berkuota lagi, dihapusnya paket midnight untuk kartu as dan simpati biasa yang merupakan paket andalan anak-anak kuliahan, sampai dengan yang terbaru yaitu paket internet TAU.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, paket TAU merupakan angin segar ditengah mahalnya paket internet di masa sekarang ini. Paket TAU yang bisa diakses melalui *363# dari semua kartu Telkomsel ini datang dengan harga hanya Rp. 30.000.- saja untuk kuota 4GB (dengan rincian pemakaian 2GB dari jam 00.00 - 08.59 dan 2GB dari jam 09.00 - 23.59). Kuota yang lumayan ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi para pengguna smartphone yang menginginkan kuota yang banyak, murah, dan tentunya sinyal Telkomsel yang bisa diperoleh dimana saja bahkan di pelosokpun. (Jika ingin tahu selengkapnya tentang paket TAU ini bisa cari tahu lebih lanjut di google aja)

Tetapi ada satu syarat penting yang harus dipenuhi oleh para pengguna paket TAU, yaitu IMEI smartphone pengguna harus terdaftar di Telkomsel. International Mobile Equipment Identity atau biasa dikenal dengan IMEI yaitu kode atau serial number yang digunakan untuk memudahkan pengidentifikasian ponsel. Selain itu, IMEI juga dapat digunakan untuk memblok ponsel tersebut agar tidak bisa melakukan akses ke jaringan seluler yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi pencurian ponsel. IMEI ponsel kita dapat dilihat dengan menekan kode *#06# untuk semua jenis ponsel. (Jika ingin tahu selengkapnya tentang IMEI juga bisa cari tahu lebih lanjut di google). Setelah pengaktifan paket ini untuk pertama kalinya secara otomatis IMEI ponsel kita juga akan otomatis terdaftar di Telkomsel.

Nah, masalah utamanya yaitu :
Paket TAU ini cuma bisa diaktifkan hanya 3 kali saja untuk satu IMEI atau satu ponsel saja. 

Sebelumnya saya pernah mencoba mendaftarkan paket ini untuk keempat kalinya, tetapi tidak berhasil dengan isi pesan balasan yaitu "anda telah melewati batas pendaftaran". Kemudian saya mencoba mengganti kartu dengan Telkomsel yang lain dengan ponsel yang sama, dan hasilnya juga sama. Kemudian saya mencoba menghubungi Call Center Telkomsel 188, dan penjelasannya yaitu paket ini hanya bisa diaktifkan 3 kali saja untuk satu ponsel, ganti kartupun tidak berpengaruh karena kode IMEI itu akan terkunci dan tetap melekat pada ponselnya sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika anda melakukan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah. Solusi satu-satunya ya ganti ponsel untuk mengganti kode IMEI tersebut, tapi hal ini repot sekali dilakukan.