Rabu, 10 Juni 2015

Review: Alan Partridge: Alpha Papa (2013)


Setelah sekian lama ragu menonton film ini akhirnya selesai juga. Diangkat dari serial TV I'm Alan Partridge, Alan Partridge: Alpha Papa merupakan sebuah film pure comedy yang dikemas dengan cerdas. Dengan alur cerita yang mengalir dengan stabil dan konsisten kita akan dibawa ke sebuah petualangan berputar-putar yang tentu saja mengundang tawa. Alan Partridge ini sama dengan Mr. Bean yang juga maskot dunia komedi di pertelevisian namun ya kala tenar dari ikon milik Rowan Atkinson tersebut.

Alan Partridge (Steve Coogan) adalah seorang penyiar radio di sebuah stasiun radio di kota Norwich. Stasiun radio tempat dia bekerja berencana untuk melakukan sedikit pembaharuan dengan masuknya investor baru yaitu pergantian nama. Sayangnya perubahan tersebut bukan hanya itu saja tetapi para pegawainya pun ikut kena dampaknya, yang mengakibatkan salah satu rekan dan sahabat Alan yang merupakan penyiar senior yang gawatnya dia dipecat malah gara-gara Alan itu sendiri.
Kejadian bermula dari sebuah rapat, dengan penuh rasa percaya diri Alan masuk kedalam ruang rapat dan berupaya untuk memberikan masukkan berupa ide. Celakanya ia mendapati fakta bahwa ia juga menjadi salah satu orang yang terancam dipecat, dengan opsi lain Pat Farrell yaitu sahabat Alan. Pada akhirnya Alan selamat dari ancaman pemecatan, tapi tidak dengan sebuah bahaya yang disebabkan oleh Pat. Pat mengamuk dan mengambil alih stasiun radio dan menyandera beberapa orang, dan meminta Alan sebagai negotiator untuk pembebebasan sandra antara dirinya dengan polisi. Bukannya menjadi negosiator, Alan malah ikut bersenang-senang dengan Pat di dalam stasiun radio. Apakah yang terjadi dengan sandera-sandera? Bisakan polisi mengatasi masalah ini? Masalah apa yang akan dibuat oleh Alan?
Alan Partridge merupakan cara yang cerdas untuk mengisi waktu luang anda. Masih dengan sentuhan komedi klasik, anda akan dibuat tertawa dari hal sederhana yang konyol dan dangkal tetapi dibentuk dengan tepat dan jauh dari rasa menjengkelkan. Film ini dipenuhi dengan materi kurang penting, tapi ia mampu memberikan hasil yang memuaskan dengan efektif dan juga efisien. Saya rasa julukan "The Comedy of the Year" cukup pantas disandang oleh Alan Partridge Alpha Papa dengan komedi cerdas yang ia suguhkan.
Me: 7,3/10
IMDb: 7,0/10
Rotten Tomattoes: 87%

Sumber: Postingan Mawanda Almuhayar di grup Cinemags tanggal 3 November 2014
https://www.facebook.com/groups/50671177304/permalink/10152790216032305/