Jumat, 19 Juni 2015

Mengganti Nada Ringtone SMS dan Notification di Android (Khusus Android 4.1 keatas)

Teman-teman saya atau mungkin anda pasti masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti nada sms, notification, atau alarm dengan mp3 atau file audio sejenisnya wav, midi, m4a, mp2, aac dll. di ponsel berplatform Android. Karena tidak ada menu pilihannya tidak seperti nada panggilan suara bisa diganti sesuai selera.
Dalam tulisan ini TS menggunakan ponsel Asus Zenfone 4 dengan OS Android 4.4, untuk ponsel lain caranya juga hampir sama. Langsuh saja langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :


1. Buka aplikasi File Manager bawaan di smartphone anda. Kemudian pilih penyimpanan internal, dan pilih folder media. Jika folder tersebut belum tersedia, maka buatlah folder media tersebut terlebih dahulu.

2. Buka folder media tersebut dan buat folder audio di dalamnya

3. Buka folder audio tersebut dan buat lagi folder baru yaitu alarms, notifications, dan ringtones

4. Pindahkan atau salin file musik berupa mp3 dan sejenisnya yang anda inginkan ke folder-folder tersebut. Folder alarms untuk nada alarm, folder notifications untuk nada notifikasi dan sms, dan ringtones untuk nada panggilan (meskipun nada panggilan bisa langsung dipilih di setting tanpa menggunakan cara ini, tapi dengan ini bisa lebih mempermudah memilihnya tanpa melakukan browse ke file manager terlebih dahulu)

5. Setelah itu masuk ke setting dan pilih pengaturan nada dan pilih nada pemberitahuan, maka akan muncul pilihan baru seperti file musik atau mp3 yang kita pindahkan ke folder diatas tadi (seperti yang ditandai dengan warna merah) dan pilih nada yang anda inginkan